Sabtu, 10 Januari 2015

Program Memeriksa Hari Borland Delphi 7


Selamat Siang kawan-kawan blogger, panas-panas kayak gini enaknya apa ya? kalau ane sih bermain coding, ini mungkin bisa membantu bagi kawan-kawan yang ingin memeriksa hari. check it out. 


Pertama-tama mungkin memang sangat jarang yang menggunakan Delphi, tapi untuk tetap menjaga pelestarian (aseeek) bahasa pemrograman yang sudah sangat jarang digunakan ini. 
Program yang digunakan adalah Borland Delphi 7, untuk mendowload bisa search mbah google aja deh ya. Selamat menikmati !!

program Project2;

{$APPTYPE CONSOLE}

uses
  SysUtils;
var
  tgl :integer;

begin
  writeln ('Program memeriksa hari dalam bulan Februari 2007');
  write ('tanggal = ');
  readln (tgl);
  if tgl>=29 then
    writeln ('error')
    else
  if tgl<=0 then
    writeln ('error')
    else
  case tgl of
      5,12,19,26 : writeln ('Hari Senin');
      6,13,20,27 : writeln ('Hari Selasa');
      7,14,21,28 : writeln ('Hari Rabu');
      1,8,15,22 : writeln ('Hari Kamis');
      2,9,16,23 : writeln ('Hari Jumat');
      3,10,17,24 : writeln ('Hari Sabtu');
  else
    begin
      writeln ('Hari Minggu');
    end;
  end;
  readln;
  { TODO -oUser -cConsole Main : Insert code here }
end.


nah, itu syntax-nya, simple kan.. monggo di coba, mohon komentar agar lebih sempurna lagi. 


Pembahasan
Jadi pertama-tama yang harus dilakukan adalah definiskan sebuah variabel yang kita namakan "tgl" dengan tipe data yaitu integer artinya numerik angka asli.

lalu tahap selanjutnya adalah memulai logika-logika yang akan dibuat, di baris pertama setelah begin kita buat sebuah judul dari program yang akan kita buat seperti di atas yaitu "Program memeriksa hari dalam bulan Februaru 2007".

lalu kita buat sebuah request input " tanggal = " artinya masukkanlah tanggal yang ingin di check hari apa pada februari 2007 tersebut. lalu baris selanjutnya adalah untuk membaca inputan tersebut dan kita save sebagai tgl.

lalu selanjutnya kita buat sebuah kondisi if else, jika tgl tersebut bernilai 29 ke atas maka kira akan mengingatkan itu sebagai "error". begitupun jika nilai masukkan (tgl) dibawah 0 (karena tidak ada tanggal 0 dan negatif) sehingga kita definisikan juga sebagai "error".

selanjutnya kita gunakan fungsi case untuk membuat daftar tanggal pada masing-masing hari. sesuai dengan kalender yang sebenarnya.

Untuk kedepan bisa disambungkan dengan sebuah database sehingga dapat diketahui lebih luas dari tanggal tersebut. kalau program ini hanya sebatas untuk bulan februari 2007.
pada case tersebut kita tidak membuat Hari Minggu.

Terimakasih atas kunjungan sobat semua !!
Mari sama-sama tetap rendah hati dan belajar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar