Rabu, 28 Desember 2016

Analisis Regresi Linier menggunakan SPSS

Selamat siang sob, udah akhir tahun nih, rencana mau merayakan tahun baru dimana ya? kalau saya sendiri sih persiapan Ujian Akhir Semester nih sob, maklum anak kuliahan. Walau akhir tahun dan akhir semester tentunya tidak mengganggu semangat buat menulis dan belajar dong ya sob. Nah !! kali ini saya akan berbagi tentang Analisis Regresi nih. Sobat sudah tau regresi belum? kalau belum coba simak penjelasan berikut :

"Regresi linear adalah alat statistik yang dipergunakan untuk mengetahui pengaruh antara satu atau beberapa variabel terhadap satu buah variabel. Variabel yang mempengaruhi sering disebut variabel bebas, variabel independen atau variabel penjelas. Variabel yang dipengaruhi sering disebut dengan variabel terikat atau variabel dependen. Regresi linear hanya dapat digunakan pada skala interval dan ratio."

Secara umum regresi linear terdiri dari dua, yaitu regresi linear sederhana yaitu dengan satu buah variabel bebas dan satu buah variabel terikat; dan regresi linear berganda dengan beberapa variabel bebas dan satu buah variabel terikat. Analisis regresi linear merupakan metode statistik yang paling jamak dipergunakan dalam penelitian-penelitian sosial, terutama penelitian ekonomi. Program komputer yang paling banyak digunakan adalah SPSS (Statistical Package For Service Solutions).


Untuk mengukur besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel tergantung dan memprediksi variabel tergantung dengan menggunakan variabel bebas. 
"Gujarati (2006) mendefinisikan analisis regresi sebagai kajian terhadap hubungan satu variabel yang disebut sebagai variabel yang diterangkan (the explained variabel) dengan satu atau dua variabel yang menerangkan (the explanatory). Variabel pertama disebut juga sebagai variabel tergantung dan variabel kedua disebut juga sebagai variabel bebas. Jika variabel bebas lebih dari satu, maka analisis regresi disebut regresi linear berganda. Disebut berganda karena pengaruh beberapa variabel bebas akan dikenakan kepada variabel tergantung."

Nah.. untuk lebih meningkatkan pemahaman sobat sekalian, mari kita coba melakukan analisis menggunakan data berikut :


No
Promosi Produk (X)
Jutaan Rp
Penjualan (Y)
Jutaan Rp
1
25
210
2
30
260
3
32
270
4
35
275
5
20
200
6
25
205
7
29
220
8
41
250
9
42
257
10
34
240
11
45
280
12
43
285

Apakah terdapat hubungan antara Biaya Promosi Produk dengan Hasil Penjualan ? Apakah terdapat pengaruh Biaya Promosi Produk terhadap Hasil Penjualan ? untuk mendapatkan jawabannya baca di Langkah-langkah Regresi Linier Sederhana. Terimakasih !! Selamat merayakan Akhir Tahun 2016 !! Happy New Year :D :D 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar