Rabu, 28 Desember 2016

Langkah-langkah Analisis Regresi Linier menggunakan SPSS



Selamat Malam sobat Master Statistik, Sesuai janji saya pada postingan sebelumnya tentang Analisis Regresi Linier menggunakan SPSS. Nah sobat sekalian, langsung saja kita ke TKP.

Setelah diketahui kasus yang akan di selesaikan, maka praktikan akan mulai memaparkan langkah kerja untuk membuktikan apakah ada pengaruh yang signifikan antara biaya promosi produk (X) terhadap hasil penjualan (Y) sesuai kasus pada pada Analisis Regresi Linier menggunakan SPSS.

Berikut langkah yang harus dilakukan adalah : 

1. Langkah pertama membuka program SPSS 19. Setelah SPSS 19 terbuka dengan memilih type in data, selanjutnya bukalah variable view seperti gambar berikut : 


2. Selanjutnya masukkanlah data kedalam jendela data view. Seperti gambar berikut : 
3. Sebelum melakukan analisis regresi, maka terlebih dahulu analisis korelasi dan membuat scatterplot antara variable dependen dengan variable independent. Untuk melakukan analisis korelasi lik Analyze à Correlation à Bivariate , maka akan muncul kotak bivariate correlation dan masukkan kedua variable yang akan dianalisis à Klik OK. Seperti gambar berikut : 

4. Setelah itu maka akan keluar hasil analisis di jendela output. Seperti pada gambar berikut:
5. Setelah itu buatlah scatterplot dengan klik Graphs à Legacy Dialog à Scatter/dot, dan masukkan variable Penjualan ke Y dan Promosi Prosuk ke X, seperti pada gambar dibawah ini:


6. Hasil ouptunya seperti pada gambar dibawah ini :
7. Dari langkah-langkah sebelumnya, terlihat bahwa variabel X mempunyai hubungan dengan variabel Y, dan menunjukkan hubungan linier, maka selanjutnya melakukan analisis regresi seperti pada gambar dibawah ini:


8. Aturlah variable dependent dengan memasukkan variable penjualan, dan promosi produk ke independent, klik statistics  dan tandai Estimasi dan Model fit pada Regression Coefficient seperti pada gambar dibawah ini :


9. Selanjutnya klik Plots, dan atur seperti gambar dibawah ini, lalu klik save unstandarized residual, seperti pada gambar dibawah ini:


10.Setelah itu klik Continue maka akan keluar output seperti pada gambar dibawah ini:


Begitulah Langkah-langkah Analisis Regresi Linier menggunakan SPSS, sehingga didapatkan model sebagai berikut :
           
           Y = β0+ β1 X + ε = 141,625 + 3,123 X + ε
Berarti persamaan untuk menghitung atau melakukan prediksi Hasil Penjualan adalah sebagai berikut:

          Hasil Penjualan = 141,625 + 3,123 (Biaya Promosi Produk)

Bagaimana ? Sudah mengerti bagaimana mendapatkan model ? untuk pembahasan detail akan di bahas nanti pada Pembahasan Hasil Analisis Regresi Linier menggunakan SPSS. Semangat!! Terimakasih !! Happy New Year !! Keep Strong !

1 komentar:

  1. Olah Data Semarang
    Jasa Olah Data SPSS, AMOS, LISREL, Frontier 4.1
    EVIEWS, SMARTPLS, STATA, DEAP 2.1, DLL
    Contact Person WhatsApp
    Klik Link Dibawah
    Contact Person WhatsApp +6285227746673

    BalasHapus