Jumat, 03 Maret 2017

Langkah-langkah Melakukan Analisis Regresi Logistik Biner Menggunakan SPSS

Pada kali ini, saya akan memberikan langkah-langkah dalam menyelesaikan kasus menggunakan Regresi Logistik. Kita akan mendapatkan model regresi logistik terbaik dari data yang ada, sehingga nanti dapat dilakukan prediksi berdasarkan peluang yang dihasilkan. Hal ini dilakukan karena variabel dependent merupakan variabel dikotomi. Varibael dikotomi yaitu variabel yang hanya terdiri dari dua nilai, misalnya Sembuh & Belum Sembuh, Laki-laki & Perempuan, Lulus & Tidak Lulus. Regresi dengan terdapat 2 kemungkinan prediksi pada variabel dependent seperti ini sering disebut Regresi Logistik Biner.
Dalam penyelesaian untuk mendapatkan model terdapat beberapa hal yang harus dilakukan untuk melihat apakah model signifikan atau tidak. Maka dalam penyelesaian akan dilakukan uji kecocokan model untuk membuktikan model yang dihasilkan merupakan model terbaik dan odds ratio untuk melihat resiko antara satu kategori dengan kategori yang lain. Saya akan memberikan penyelesaikan kasus kali ini menggunakan software SPSS. Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan dalam penyelesaian kasus tersebut.
  1. Pilih menu SPSS maka akan muncul halaman awal yang tampil adalah halaman data view. Untuk memunculkan halaman variable view, maka pilih variable view pada pojok kiri halaman kerja SPSS. Pada kotak variabel view masukkan nama variabel pada name. Setelah itu, klik type masukkan tipe data, misalnya data angka menggunakan numeric. Seperti berikut.
   2. Setelah pengisian Variabel view pada kolom SPSS maka langkah berikutnya adalah melakukan analisis dengan cara Analyze --> Regression --> Binary Logistic maka akan muncul kotak dialog Binary Logistic , masukkan data variabel y kedalam dependent dan masukkan x1 sampai x5 kedalam variabel independent seperti gambar 2.3 dibawah ini.


  3. Kemudian klik Categorical, masukkan salah satu variabel (x2) kategori kemudian tandai First dan kemudian klik Change. Masukkan kembali variabel kategori yang lain dan lakukan hal yang sama lalu klik Continue.
    4. Berikutnya klik save kemudian pada kolom predicted values berikan tanda centang pada probabilitas dan group membership seperti pada gambar berikut ini kemudaian pilih continue.
  5. Selanjutnya klik Options lalu berikan tanda pada Hosmer-Lemeshow goodness-of-fit, iteration history dan Cl for exp(B) lalu klik Continue dan kemudian klik Ok


   6. Maka akan didapatkan hasil perhitungan regresi logistik, kemudian lakukan kembali langkah yang sama jika didapatkan variabel yang tidak signifikan  dengan cara mengeluarkan variabel yang tidak signifikan (p-value> alpha) dan memiliki p-value terbesar. Hal ini dilakukan sampai semua variabel signifikan, sehingga hasil perhitungan terakhirlah(yang telah signifikan) yang dapat dijadikan model regresi logistik.

   7. Maka akan didapatkan model regresi logistik dari kasus dan dapat dilakukan prediksi peluang seseorang tepat waktu dalam menyampaikan laporan keungannya.

    Secara Umum, Langkah-langkah Analisis Regresi Logistik Biner Menggunakan SPSS seperti itu. Untuk penjelasan output yang dihasilkan dapat dilihat pada Hasil Pembahasan Analisis Regresi Logistik Biner.

1 komentar:

  1. Olah Data Semarang
    Jasa Olah Data SPSS, AMOS, LISREL, Frontier 4.1
    EVIEWS, SMARTPLS, STATA, DEAP 2.1, DLL
    Contact Person WhatsApp
    Klik Link Dibawah
    Contact Person WhatsApp +6285227746673

    BalasHapus