Rabu, 01 Maret 2017

Sentiment Analysis Using Twitter Mining in R : Alfamart VS Indomaret

Pada kesempatan ini saya akan berbagi terkait analisis sentimen menggunakan software R. Anda tentu pernah berbelanaja di Indomaret & Alfamart. Kali ini kita akan membandingkan kedua perusahaan tersebut berdasarkan tweet yang di kicaukan oleh pengguna tweeter. Jika teman-teman tidak tau Alfamart dan Indomaret,berikut ini sedikit tentan alfamart & indomaret itu apa?
Alfamart adalah jaringan toko swalayan yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Gerai ini umumnya menjual berbagai produk makanan, minuman dan barang kebutuhan hidup lainnya. Lebih dari 200 produk makanan dan barang kebutuhan hidup lainnya tersedia dengan harga bersaing, memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari.Dengan trademark Alfa, yang kini sahamnya dimiliki oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya. Saat ini Alfamart sudah memiliki lebih dari 1000 gerai di Indonesia.
Indomaret adalah jaringan ritel waralaba di Indonesia. Indomaret merupakan salah satu anak perusahaan Salim Group.Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas area penjualan kurang dari 200 m2. Toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988, dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama. Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah memiliki lebih dari 230 gerai. Jumlah gerai hingga tahun 2015 adalah 11.400 gerai dengan rincian 60% gerai adalah milik sendiri dan sisanya waralaba milik masyarakat. Sampai dengan awal tahun 2016, jumlah gerai sebanyak 12.100 toko. Mitra usaha waralaba ini meliputi: koperasi, badan usaha dan perorangan. Indomaret terdapat di kota-kota di Jabodetabek, Sumatera, Jawa, Madura, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi.
Sudah dapat pengetahuan baru kan? nah sekarang kita akan melihat kicauan pengguna tweeter. Pada kali ini saya mengambil 200 tweeter namun berikut saya tampilkan 10% saja ya :
[1] "imrdvltz: @jimnelxy gamau aku punya papa penjaga indomaret.g"
[2] "imrdvltz: @jimnelxy gada pcy rl mama\nDia lagi jaga indomaret"
[3] "imrdvltz: @jimnelxy pcy rl lagi jaga indomaret ma https://t.co/BouPfbuknf"
[4] "MK96Sejeong: @hsinb98s terima kasih, selamat datang di indomaret"
[5] "xoxyle: @KontakIndomaret kenapa ya kasir indomaret GAK TAHU cara update emoney di EDC? udah beberapa kali blanja n mau update saldo blgnya ga bisa."
[6] "WindaWa19715867: RT @Serbakuis: Promo NYU Indomaret Berhadiah Liburan Romantis Bersama BCL & Ashraf https://t.co/mnZUdYXhy5 #Serbakuis"
[7] "ukydafone: <b> Karena panas diluar terlalu mainstream \xed ¼\xed½¦ </b> (at @indomaret) — https://t.co/co4jq1Q27G"
[8] "Indomaret_Jbr: Belanja kebutuhan tampilan barumu hanya di Indomaret ya sobat \xed ½\xed¸\u008a @infojember https://t.co/1x25ot27lY"
[9] "febby_tami: RT @Indomaret: Dapatkan potongan harga 25% WALL'S Paddle Pop Shaky Shake di Indomaret hanya di tanggal 8 Januari 2017. https://t.co/dhHnrQo…"
[10] "febby_tami: RT @Indomaret: Belanja produk SUSU BUBUK berikut ini bisa dapet GRATISnya nih. SKB #TebusMurah #SuperHemat https://t.co/zpdzofnsd0 https://…"
[11] "febby_tami: RT @Indomaret: Hari terakhir promo mingguan\n#Hanya3Hari nih. Yuk langsung ke Indomaret terdekat! https://t.co/bdPstKfzCo"
[12] "icalsiregar: Dulunya sih begini sekarang nya begitu~ (with Independent Rider Medan at indomaret) [pic] — https://t.co/u5mQJ3DktH"
[13] "steffnoya: @ethaanastasia eh itu indomaret sini ya ga tau malang hehe"
[14] "steffnoya: @ethaanastasia di indomaret 33 rebuh doang \xed ½\xed±\u008c\xed ½\xed±\u008c"
[15] "Zjr95: @indosatcare isi paket internet di indomaret min? tetep gak bertambah masa aktifnya?"
[16] "muhammaddipone1: @Indomaret misi min numpang nanya, klo untuk pembelian tiket hamersonic 2017 sudah bisa dibeli bulan ini kah di indomaret terdekat?"
[17] "pelni162: @maritime_health Pembayaran tiket online selain di Indomaret juga bisa dilakukan di ATM/Teller BRI , loket maupun cabang Pelni. Tks-SF"
[18] "Na_jicha: RT @Indomaret: Sudah belanja yang mana nih produk promonya? #SuperHemat https://t.co/zpdzofF34y https://t.co/lYe30qMAJh"
[19] "Na_jicha: RT @Indomaret: Hari terakhir promo mingguan\n#Hanya3Hari nih. Yuk langsung ke Indomaret terdekat! https://t.co/bdPstKfzCo"
[20] "alrahman_abduh: Indomaret dekat Bank Jatim\n #samsung #galaxya52016 #a56\n\n Bangkalan,8-Jan-2017 https://t.co/yLrX3tUYj1"
Analisis Deskriptif
Terdapat tujuh kata-kata pada tweet yang sering di tulis oleh pengguna twitter yang berkaitan dengan indomaret dan alfamart adalah kata “indomaret”, “pulsa”, “alfamart”, “isi”, ”rupia”, “alfamidi”, dan “circle”. Berdasarkan gambar diatas, tweet terbanyak yang muncul adalah indomaret artinya bahwa mayoritas pengguna twitter menulis/memberikan opini mereka tentang indomaret. Kata pulsa merupakan kata selanjutnya yang memiliki frekuensi tertinggi, artinya sebagian besar masyarakat banyak membicarakan tentang pulsa bahkan kemungkinan pengguna twitter tersebut sering membeli pulsa di indomaret ataupun alfamart. Kata-kata ini yang nantinya menjadi acuan untuk menggali lebih dalam lagi sebenarnya pandangan masyarakat terkait indomaret dan alfamart itu seperti apa.
Pada gambar di atas merupakan gambar yang telah melewati proses cleaning, dari hasil visualisasi word cloud tersebut dapat dilihat opini masyarakat di twitter terkait indomaret dan alfamart, terdapat kata-kata yang menarik untuk diulas yaitu kata-kata dengan frekuensi tinggi yang menjadi banyak perbincangan pada tweet pengguna twitter seperti kata “indomaret”, “pulsa”, “alfamart”. Berdasarkan gambar tersebut terlihat cukup jelas kata-kata yang mewakili pandangan masyarakat terkait indomaret dan alfamart. Kata yang paling menjadi sorotan dari hasil analisis ini adalah kata “indomaret”, artinya indomaret sering di perbincangkan di media sosial twitter.
Berdasarkan hasil output pada gambar  diatas bahwa data sudah di klasterkan menjadi 4 kelompok, kelompok 1 terdiri dari melalui, pembayaran, keluarga, cara, info, haram, boikot, sudah, sari. Kelompok 2 terdiri dari alfamart, telkomsel, bonus, alfamidi, circle, reguler, hanya, isi, dan rupiah. Kelompok 3 terdiri dari indomaret dan kelompok empat adalah pulsa. Kelompok 1 merupakan kelompok dengan karakterisrtik tweet / tulisan  yang memiliki rata-rata jumlah frekuensi terkecil yang di tulis dalam Twitter. Kelompok 2 merupakan kelompok dengan karakteristik frekuensi kata yang sedang. Sedangkan kelompok 3 merupakan kelompok dengan rata-rata jumlah tulisan tinggi, begitupun dengan kelompok 4 memiliki rata-rata yang sangat tinggi, dan pada akhirnya peneliti melakukan penggabungan cluster untuk kelompok 3 dan 4 sehingga menjadi indomaret dan pulsa.
Hasil analisis sentimen yang diperoleh adalah sebanyak 96% dari total tweet yang terambil merupakan tweet dengan sentimen positif. Sedangkan  4% lainnya merupakan twitter berisi sentiment negatif. Indomaret ini memiliki banyak tanggapan positif oleh pengguna media sosial twitter sebagai bentuk opini yang berarti bahwa masih banyak masyarakat yang berpendapat positif terkait Indomaret yang ada di Indonesia.
Hasil analisis sentimen yang diperoleh adalah sebanyak 89% dari total tweet yang terambil merupakan tweet dengan sentimen positif. Sedangkan  11% lainnya merupakan twitter berisi sentiment negatif. Alfamart ini memiliki banyak tanggapan positif oleh pengguna media sosial twitter sebagai bentuk opini yang berarti bahwa masih banyak masyarakat yang berpendapat positif terkait Alfamart yang ada di Indonesia.
Jika dilakukan perbandingan antara Indomaret dan Alfamart maka berdasarkan tanggapan sentimen tersebut sudah jelas akan  dimenangkan oleh indomaret. Hampir seluruh pengguna twitter tidak ada yang memiliki komentar miring untuk indomaret.

Terimakasih !! Sampai bertemu pada pembahasan selanjutnya !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar