Kamis, 17 Agustus 2017

Memulai Belajar Python untuk Statistician, Data Analyst & Data Scientist

Pertama,  mohon maaf lahir batin buat kalian semua. Walaupun lebaran sudah lewat jauh yah, dan syawalpun sudah berlalu juga. Sudah lama nih tidak posting di www.masterstatistik.com, rasanya udah setahun. Nah pada kali ini, kita akan membahas yang tidak biasa, kebetulan tulisan ini terinspirasi dari tempat gue bekerja saat ini. Oh iya sekarang gue bukan mahasiswa lagi gaess, dan sekarang gue menetap di jakartah (read: Jakarta). Gue saat ini (sudah masuk bulan ketiga) bekerja di sebuah perusahaan start up digital marketing di daerah Jakarta Selatan, namanya Kofera Technology. Nah, kali ini gue bukan cerita tentang Kofera-nya, tapi ini terinspirasi dari sana.
Berbeda dengan beberapa post sebelumnya, kali ini gue bahas tentang Python, so apa itu Python?
Python itu adalah bahasa pemrograman berorientasi objek tingkat tinggi yang hebat yang diciptakan oleh Guido van Rossum.
Ini memiliki sintaks sederhana yang mudah digunakan, menjadikannya bahasa yang sempurna bagi seseorang yang mencoba belajar pemrograman komputer untuk pertama kalinya.

Ini adalah panduan komprehensif tentang bagaimana memulai dengan Python, mengapa Anda harus mempelajarinya dan bagaimana Anda bisa mempelajarinya.
Python adalah bahasa pemrograman cross-platform, yang berarti, ia berjalan pada banyak platform seperti Windows, Mac OS X, Linux, Unix dan bahkan telah di porting ke mesin virtual Java dan .NET. Ini gratis dan open source.
Meskipun sebagian besar Linux dan Mac saat ini memiliki Python yang terpasang di dalamnya, versinya mungkin sudah ketinggalan jaman. Jadi, selalu ide bagus untuk menginstal versi terbaru. Anda bisa mendownload versi terbaru Python dan menginstalnya.

Memulai Interpreter
Setelah instalasi, bahasa python tinggal di direktori yang terinstal.
Secara default adalah /usr/local/bin/pythonX.X di Linux / Unix dan C: \ PythonXX di Windows, di mana 'X' menunjukkan nomor versi. Untuk memanggilnya dari shell atau command prompt kita perlu menambahkan lokasi ini di jalur pencarian.

Search path adalah daftar direktori (lokasi) dimana sistem operasi mencari executable. Misalnya, pada command prompt Windows, kita bisa mengetikkan path set =% path%; c: \ python33 (python33 berarti versi 3.3, mungkin berbeda dalam kasus Anda) untuk menambahkan lokasi ke jalur untuk sesi tertentu.

Di Mac OS kita tidak perlu khawatir tentang ini karena installer memperhatikan jalur pencarian.
Sekarang ada berbagai cara untuk memulai Python.
1. mode langsung
Mengetik python di command line akan memanggil penerjemah dalam mode langsung. Kita bisa langsung mengetik dengan ekspresi Python dan tekan enter untuk mendapatkan hasilnya.

>>>

Adalah prompt Python. Ini memberitahu kita bahwa juru bahasa sudah siap untuk masukan kita. Coba ketik 1 + 1 dan tekan enter. Kita mendapatkan 2 sebagai outputnya. Perintah ini bisa digunakan sebagai kalkulator. Untuk keluar dari mode ini ketik exit () atau quit () dan tekan enter.

2. Mode skrip
Mode ini digunakan untuk mengeksekusi program Python yang ditulis dalam sebuah file. File seperti itu disebut script. Script dapat disimpan ke disk untuk penggunaan masa depan. Script Python memiliki ekstensi .py, yang berarti bahwa nama file diakhiri dengan .py.

Sebagai contoh: helloWorld.py ; masterstatistik.py ; love.py

Untuk menjalankan file ini dalam mode script kita cukup menulis python helloWorld.py pada command prompt.
Integrated Development Environment (IDE)
Kita bisa menggunakan software editing teks untuk menulis file script Python.
Kita hanya perlu menyimpannya dengan ekstensi .py. Tapi menggunakan IDE bisa membuat hidup kita jauh lebih mudah. IDE adalah perangkat lunak yang menyediakan fitur berguna seperti kode hinting, syntax highlighting dan checking, file explorers dll untuk programmer untuk pengembangan aplikasi.
Menggunakan IDE dapat menyingkirkan tugas yang berlebihan dan secara signifikan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pengembangan aplikasi.
IDEL adalah antarmuka pengguna grafis (GUI) yang dapat diinstal bersama dengan bahasa pemrograman Python dan tersedia dari situs resmi.

Kita juga bisa menggunakan IDE komersial atau gratis lainnya sesuai dengan preferensi kita. Kami telah menggunakan IDE PyScripter untuk pengujian kami dan kami merekomendasikan hal yang sama. Ini gratis dan open source.

Contoh Hello World
Sekarang setelah kita menginstal dan menjalankan Python, kita dapat terus menulis program Python pertama kita.

Ketik kode berikut di editor teks atau IDE dan simpan sebagai helloWorld.py


print ("Hello World!")

Sekarang di jendela perintah, masuk ke loaction dari file ini. Anda bisa menggunakan perintah cd untuk mengganti direktori.

Untuk menjalankan script, ketik python helloWorld.py di jendela perintah. Kita harus bisa melihat hasilnya sebagai berikut:


Hello World!

Jika Anda menggunakan PyScripter, ada tombol panah hijau di bagian atas. Tekan tombol itu atau tekan Ctrl + F9 pada keyboard Anda untuk menjalankan program.

Dalam program ini kita telah menggunakan built-in function print (), untuk mencetak string ke layar. String adalah nilai di dalam tanda kutip, yaitu Halo dunia! . Sekarang coba cetak nama Anda dengan memodifikasi program ini.

Selamat! Anda baru saja menulis program pertama Anda dengan Python.

Seperti yang bisa kita lihat, itu cukup mudah. Inilah keindahan bahasa pemrograman Python.

Simak contoh ini untuk mempelajari lebih lanjut:


Program Python untuk Cetak Hello World!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar